Kamis, 04 Oktober 2012

Menarche

  1. Definisi Menarche
Menurut Manuaba (2009), menarche adalah perdarahan rahim yang pertama. Menurut Kartono (2006) peristiwa terpenting pada masa pubertas bagi remaja putri adalah datangnya menstruasi pertama yang disebut dengan menarche yang menjadi pertanda biologis dari kematangan seksual. Menarche adalah peristiwa penting dalam kehidupan seorang remaja perempuan, dan sebagian besar remaja perempuan mengalami menarche sebelum usia 16 tahun (Lee et al., 2011).
  1. Gejala Menjelang Menarche
Gejala yang sering menyertai menarche adalah rasa tidak nyaman yang disebabkan karena selama menstruasi volume air di dalam tubuh berkurang. Gejala lain yang dirasakan yaitu sakit kepala, pegal-pegal di kaki dan pinggang, kram perut dan sakit perut. Sebelum periode ini terjadi, biasanya ada beberapa perubahan emosional seperti perasaan suntuk, marah, dan sedih yang disebabkan karena adanya pelepasan beberapa hormon (Proverawati dan Misaroh, 2009).
  1. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Menarche
1)        Faktor biologi
Menurut Shirtcliff (2005) cit Wibisono (2008) faktor biologi berkaitan dengan adanya perubahan hormon pada saat menarche dan selama menstruasi.
2)        Faktor gizi
Terjadinya penurunan usia dalam mendapatkan menarche sebagian besar dipengaruhi oleh adanya perbaikan gizi. Anak yang mempunyai nilai rata-rata IMT lebih tinggi akan mengalami maturitas lebih awal (Soetjiningsih, 2004).
3)        Faktor  lingkungan sosial
Menurut Proverawati dan Misaroh (2009) lingkungan keluarga yang harmonis dan adanya keluarga besar yang baik dapat memperlambat terjadinya menarche dini. Anak yang tinggal ditengah-tengah keluarga yang tidak harmonis dapat mengakibatkan terjadinya menarche dini. Menurut Karapanou dan Papadimitriou (2010) anak perempuan yang dibesarkan di lingkungan perkotaan memiliki usia menarche lebih awal daripada di lingkungan pedesaan.
4)        Faktor genetik
Pertumbuhan merupakan interaksi yang komplek antara keturunan dan lingkungan. Semakin teratur menstruasi ibu maka menstruasi anaknya akan cenderung teratur (Supariasa, 2002).
5)        Rangsangan audio visual
Di luar itu, faktor penyebab menstruasi dini juga datang dari rangsangan audio visual. Rangsangan tersebut bisa berasal dari percakapan maupun tontonan dari film-film atau internet yang berlabel dewasa, vulgar, atau mengumbar sensualitas. Rangsangan dari telinga dan mata tersebut kemudian merangsang sistem reproduksi dan genital untuk lebih cepat matang (Proverawati dan Misaroh, 2009).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar