Kamis, 04 Oktober 2012

Manajemen Keperawatan





   Definisi:
Manajemen adalah proses untuk melaksanakan pekerjaan melalui upaya orang lain. Keperawatan merupakan organis profesi merupakan bagian yang terpenting dalam Pelayanan Rumah sakit yang  tentu diperlukan suatu pengelolaan yang baik. Pengelolaan ruang perawatan ini tidak semudah yang kita banyangkan namun semua itu bisa dipelajari dan di implementasikan dengan baik dan benar Implementasi pengelolaan keperawatan tentu tidak terlepas dari beberapa tingkat pengetahuan tentang manajemen keperawatan dan beberapa lama pengelola sudah melaksanakannya Kepala ruang dengan tingkat pemahaman ilmu manajemen keperawatan menjadi satu kewajiban saat ini sebagaimana yang tertuang dalam persyaratan akreditasi rumah sakit. Menurut Gillies (1994) Manajemen keperawatan adalah suatu proses bekerja melalui upaya anggota staf keperawatan untuk memberikan pelayanan keperawatan,pengobatan dan bantuan terhadap para pasien,dan tugas manajer keperawatan adalah merencanakan, mengorganisir, memimpin serta mengontrol keuangan, material, dan sumber daya manusia yang ada untuk memberikan pelayanan keperawatan seefektif mungkin bagi setiap kelompok pasien dan keluarga mereka.
Fungsi Manajemen Keperawatan:
1.      Perenacanaan (planning), perncanaan merupakan :
a)      Gambaran apa yang akan dicapai
b)      Persiapan pencapaian tujuan
c)      Rumusan suatu persoalan untuk dicapai
d)     Persiapan tindakan
2.      Pengorganisasian (organizing), merupakan pengaturan setelah rencana, mengatur dan menentukan apa tugas pekerjaannya, macam, jenis, unit kerja, alat , keuangan dan fasilitas.
3.      Penggerak (actuating), menggerakkan orang  agar mau/suka bekerja. Ciptakan suasana bekerja bukan hanya karena perintah, tetapi harus dengan kesadaran sendiri, termotivasi secara interval
4.      Pengendalian / pengawasan (controling), merupakan fungsi pengawasan agar tujuan dapat tercapai sesuai dengan rencana, apakah orang-orangnya, cara dan waktunya tepat. Pengendalian juga berfungsi agar kesalahan dapat segera diperbaiki.
5.      Penilaian (evaluasi), merupakan proses pengukuran dan perbandingan hasil pekerjaan yang seharusnya dicapai. Hakekat penilaian merupakan fase tertentu setelah selesai kegiatan, sebelum, sebagai korektif dan peng obatan ditujukan pada fungsi organik administrasi dan manajemen.
Proses Manajemen Keperawatan:
Planning: misi, visi, tujuan, kebijakan, prosedur, dan peraturan-peraturan dalam pelayanan keperawatan, perkiraan proyeksi jangka pendek dan panjang serta menentukan jumlah biaya dan mengatur adanya perubahan berencana.
Organizing: struktur organisasi, model penugasan keperawatan, Job descriptions dan memahami serta menggunakan kekuasaan dan otoritas yang sesuai.
Staffing: kegiatan yang berhubungan dengan kepegawaian, rekruitmen, wawancara, mengorientasikan staf, menjadwalkan dan mengsosialisasikan pegawai baru serta pengembangan staf.
Directing: pemberian motivasi, supervisi, mengatasi adanya konflik, pendelegasian, cara berkomunikasi dan fasilitasi untuk kolaborasi..
Controlling: pelaksanaan penilaian kinerja staf, pertanggungjawaban keuangan, pengendalian mutu, pengendalian aspek legal dan etik serta pengendalian profesionalisme asuhan keperawatan.
Daftar Pustaka:
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQvAJTcZKee7oQtIXfUUfkq5HVGvdvDTahbZSul8B7TVuKX8Fuzef_GnmXz
http://www.picturesanimations.com/n/nursing/3.gif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar